Jumlah pengguna motor di Jabodetabek semakin membesar setiap tahunnya karena motor dipandang  mampu menerobos kemacetan. Sekarang di tambah lagi dengan jumlah motor dari armada ojek online. Inilah peluang usaha untuk  anda yang punya kemampuan untuk merawat / memperbaiki motor. Simak selengkapnya di sitokcer.com.

Tidak semua pemilik / pengguna motor “mampu” untuk merawat / memperbaiki motornya sendiri. Tidak semua pemilik / pengguna motor  “sempat” untuk merawat / memperbaiki motornya. Dan tidak semua pemilik / pengguna motor  “mau” untuk merawat langsung motornya karena repot atau takut kotor. Inilah kesempatan untuk anda yang  “mampu, sempat dan mau” untuk merawat dan memperbaiki motor-motor  tersebut.

Para pekerja kantoran yang menggunakan motor sebagai teman transportasi harian tidak sempat pergi ke bengkel resmi atau bengkel umum di karenakan kesibukan di hari kerja. Sesudah jam kerja berakhir, bengkel-bengkel juga ikutan tutup. Sabtu, saat libur, bengkel resmi dan bengkel umum lebih banyak yang penuh. Minggu dan hari libur, bengkel-bengkel juga ikutan libur. Montir motor panggilan di hari kerja dan/atau hari libur bisa menjadi solusi yang anda tawarkan.

Nilai Plus usaha montir motor panggilan yaitu:

  1. Modal lebih sedikit. Tidak memerlukan tempat usaha (bengkel) yang besar sebagai tempat kerja. Tidak perlu menyediakan banyak sparepart dan aksesories. Tidak perlu ruang yang besar sebagai tempat penyimpanan sparepart, aksesoris dan peralatan kerja.
  2. Biaya bulanan lebih sedikit seperti biaya listrik, air dan sewa tempat.

Persiapan

Kumpulkan daftar penyedia spare part lengkap dengan harga dan nomor telpon. Masing-masing spare part minimal dari 2 penyedia yang berbeda merk dan harga, sebagai pilihan penggunaan pada pelanggan.
Tentukan area kerja atau jangkauan wilayah pelayanan serta perkiraan biaya perjalanan.

Promosi

Kartu Nama dan Brosur. Sebarkan melalui teman, tetangga dan keluarga. Kunjungi dan sebarkan brosur di komplek perkantoran atau komplek ruko terdekat dari lokasi tempat usaha anda.

Menjalankan Usaha

Berikan pelayanan yang memuaskan, cepat dan tepat dalam mengerjakan perbaikan/perawatan motor. Tampil rapi dan bersih. Bicara dengan sopan dan jelas. Pelihara hubungan baik dan profesional dengan pelanggan. Pelihara hubungan baik dengan semua penyedia spare part.

Pengembangan Usaha

Pengembangan usaha tentu membutuhkan dana tambahan. Dana tambahan di dapatkan dari keuntungan usaha atau pihak lain seperti Bank, Rekan Usaha atau pemodal lainnya.
Beberapa pengembangan usaha yang di sarankan yaitu:

  • Penambahan tenaga montir untuk montir panggilan dan montir di bengkel.
  • Pengembangan atau penambahan bengkel motor. Penting untuk selalu perhatikan keadaan bengkel dalam keadaan bersih dan rapi.
  • Penambahan peralatan dan kelengkapan/ketersediaan spare part dalam jumlah dan ragam.

Untuk mempermudah pengembangan usaha, jangan lupa untuk terus promosi seperti:

  • Promosi di sosial media. Buat fans page atau community page.
  • Buat web. Harga nama domain dan hosting per tahun masih cukup murah.
  • Pasang iklan di media online seperti sitokcer.com.

Selamat menjalankan usaha sebagai montir motor panggilan. Semoga di lancarkan dan dimudahkan usahanya. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan teknologi motor, terus belajar dan inovasi.